Cara Memutar Video Format H265 / HEVC

Begini Cara Memutar Video Format H265 / HEVC Menggunakan PotPlayer – Karena ada beberapa pengunjung yang mengalami kesulitan saat memutar video berformat H265 / x265 / HEVC, maka kali ini admin akan memberikan tutorial cara memutarnya. Tutorial ini dijalankan di laptop berspesifikasi AMD E1-6010 1.4 Ghz, RAM 2 GB, dengan VGA bertipe Radeon R2 sehingga tutorial ini dapat dijalankan di laptop dan komputer berspesifikasi rendah. Sekilas tentang HEVC atau H265 adalah salah satu codec andalan masa depan yang akan menggantikan peran H264 atau AVC yang umumnya digunakan sekarang. Format ini memungkinkan kita untuk menampilkan gambar yang jernih, berkualitas namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Dalam permasalahan yang paling umum disebutkan adalah video yang diputar hanya mengeluarkan suaranya saja alias tidak dengan gambarnya. Untuk masalah ini sebenarnya kalian hanya perlu mengupdate video player yang kalian gunakan atau bisa menggunakan pemutar video yang admin sarankan DISINI. Selain itu, beberapa masalah lainnya yang muncul saat memutar video berformat H265 adalah video yang dijalankan terlihat tersendat-sendat (LAG). Untuk mengatasi hal ini, kita memerlukan beberapa filter tambahan agar video dapat berjalan sebagaimana mestinya. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Pemutar video dengan kemampuan menggunakan eksternal filter seperti Media Player Clasic, Gom Player, KM Player, atau PotPlayer. Dalam tutorial ini saya akan meggunakan PotPlayer.
  • Lentoid HEVC/H.265 Decoder (LentoidDec) terbaru yang dapat di download DISINI.
  • LAV Filter terbaru, dapat didownload DISINI.

Jika semua bahan-bahannya sudah disiapkan, maka silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

    • Install LAV Filter yang sudah didownload.
    • Ekstrak file Lentoid HEVC dan copy kan ke tempat tertentu yang mudah dijangkau. Disarankan ekstrak ke Desktop.
    • Jalankan PotPlayer, kemudian klik kanan lalu pilih PREFERENCES.
Tutorial-01
    • Lalu klik FILTER CONTROL pada kotak bagian kiri kemudian klik lagi SOURCE/SPLITTER dan ganti di bagian MATROSKA dengan LAV Splitter Source. Caranya yaitu dengan FILTER MANAGEMENT lalu arahkan ke folder tempat instalasi LAV Splitter (C:Program FilesLAV Filtersx86) dan pilih “LAVSplitter.ax”. Klik OPEN.
Tutorial-02
    • Pada bagian VIDEO DECODER, Pilih HEVC lalu ubah dengan “Lentoid HEVC Decoder” dengan cara klik FILTER MANAGEMENT, kemudian klik ADD EXTERNAL FILTER, kemudian cari folder Strongene yang sudah di ekstrak tadi lalu arahkan pada file “hevcdecfltr.dll” dan klik OPEN.
Tutorial-03
    • Pada bagian FILTER PRIORITY (OVERALL), klik ADD EXTERNAL FILTER, kemudian cari file “hevcsrsc.dll” pada folder Strongene yang sudah di ekstrak, lalu klik OPEN.
Tutorial-04
  • Set Priority Lentoid HEVC Source ke mode “PREFER
  • Dan yang terakhir, klik dibagian bawah pilih APPLY lalu OK.